Artikel Terbaru

Cara Menghilangkan Duplikat Meta Description

Duplikat meta description ini banyak sekali terjadi pada beberapa konten didalam blog ketika search engine mengindex blog tersebut. Tentu saja hal ini akan menjadi masalah yang menyebabkan blog dikenai sanksi. Hal itu akan mengakibatkan pagerank blog menurun, dan tentu saja index search engine akan ikut berkurang. Perbaikan kesalahan pada duplikt meta deskripsi ini juga termasuk salah satu dari optimasi SEO on page.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, sebab ada cara bagaimana mengatasi masalah duplikat meta description tersebut. Dengan menggunakan Google Webmaster Tools masalah tersebut bisa diperbaiki. Perbaikan untuk mengatasi masalah ini tentu saja harus dilakukan, jika blog anda tidak ingin mempunyai masalah nantinya.

Permasalahan duplikasi meta description ini seringkali terjadi ketika konten tersebut di tampilkan didalam format Archip, dan hal lain yang sering menimbulkan duplikasi meta ini adalah url yang dimuat pada feedburner, serta halaman blog yang diakses dari mobile. Semakin banyak konten yang ditampilkan didalam format arsip dan feed, atau semakin sering blog anda diakses dalam halaman mobile, tentu saja semakin lama duplikasi meta description ini akan semakin banyak, dan itu akan menjadi masalah untuk blog anda tentunya.
duplikat meta description

Lalu bagaimana untuk menghindari supaya hal tersebut tidak terjadi? Anda harus memperbaiki script pada template blog. Yaitu dengan menggunakan rel='canonical'. Untuk itu mari kita mulai kerjakan satu persatu untuk memperbaikinya. Karena ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini.

1. Memasang rel=canonical pada Template Blog


  • Masuk ke Dashboard blogspot anda
  • Kemudian buka blog tersebut, gunakan CTRL+U untuk melihat source code
  • Lalu tekan CTRL+F dan pada kotak find ketikan rel='canonical'
rel canonical
rel='canonical'
  • Nah apabila anda melihat code tersebut memang sudah ada, seperti contoh yang terlihat pada potongan gambar diatas, itu berarti anda tidak perlu lagi mengganti atau menambahkannya. 
  • Tetapi apabila code rel=canonical tidak ditemukan, untuk mengatasi duplikat meta description ini jelas anda harus menambahka script tersebut pada template blog, caranya sebagai berikut;
  • Masuk ke Dashboard lalu pilih menu Template kemudian klik Edit HTML.
  • Tekan CTRL+F lalu ketikan </title>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
  • Copy code diatas dan paste tepat dibawah kode </title> jadinya seperti ini;

</title>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
  • Kemudian simpan perubahan - klik Save Template

Dengan demikian, maka anda sudah memberitahu search engine, bahwa yang boleh di index adalah hanya halaman dalam format HTML, sedangkan halaman yang ditampilkan dalam format untuk mobile tidak di index. Itulah kenapa kita harus memasang code rel=canonical. Sebab jika blog anda sering diakses dalam format mobile,  maka akses tersebut juga akan membuat url baru yang menimbulkan duplikat konten.

Jadi sampai disini ada tiga hal yang menyebabkan duplikat meta description atau duplikat konten, yaitu url yang ditampilkan dalam format arsip, kemudian url yang ditampilkan pada feed, dan url yang diakses dalam format mobile.


2. Menggunakan Meta Robots untuk Mengatasi Masalah Format Archip

Nah supaya format Arsip yang ditampilkan pada halaman blog anda tidak di index oleh search engine, sehingga dianggap duplikat konten, anda harus memasang code robots meta pada template blog anda khusus untuk Archip, caranya sebagai berikut;

  • Masuk ke Dashboard Blogger
  • Pada menu Template klik Edit HTML lalu klik Format
  • Tekan CTRL+F lalu ketikan </title>

<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>


  • Nah sekarang copy code diatas lalu paste tepat dibawah kode </title>
  • Kemudian simpan perubahan - Save Template

Dengan dua langkah diatas tadi itu, kita sudah memberitahu Google Search Engine untuk tidak mengakses halaman yang yang ditampilkan dalam format mobile. Juga memberitahukan untuk tidak mengindex pada halaman dalam format Arsip. Selanjutnya masih ada satu tahap lagi. Jika pada blog anda sudah terindex ada url yang ditemukan memiliki duplikat meta description, maka setelah melakukan pemasangan kedua code tadi, anda harus mengajukan penghapusan url tersebut ke Google.

Untuk lebih lengkapnya, penjelasan mengenai bagaimana cara permintaan penghapusan url tersebut ke Google Webmaster Tools, akan saya jelaskan secara terpisah dalam posting berikut. Silahkan anda baca disini Penghapusan Url Duplikat Konten Di Google Webmaster Tools.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Menghilangkan Duplikat Meta Description"

  1. untuk masalah ini, setting melalui menu pengaturan/setting - preferensi penelusuran pun bisa mba..

    oiya, terima kasih atas kunjungan anda di beseoblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Itu betul sekali Mas Zaenal. Untuk sahabat blogger yang ingin mengatasi masalah Duplikat Meta Description ini dari pengaturan Setting Preferensi Penelusuran, silahkan lihat klik link dibawah ini;

    Pengaturan Setting Preferensi

    ReplyDelete
  3. saya baru saja rubah setinngan sesuai yang agan anjurkan adaperubahan crawl di web ini dengan bagus tanks

    ReplyDelete
  4. Gan Sebenarnya letak
    rel='canonical
    dibawah title atau dibawah head
    Thanks

    ReplyDelete
  5. saya dah coba gan , yang kehapus archive doang, tapi contoh : 2013/08/bla-bla-bla.html ga kehapus , kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. Terimaksih teteh...bisa jadi guru saya nich dalam tips Blog

    ReplyDelete