Artikel Terbaru

Cara Daftar Feedburner di Google

Hello sahabat Blogger yang baik hati. Bagaimana kabar anda hari ini? Apapun yang sedang anda kerjakan semoga saja semuanya berjalan lancar. Pada posting kemarin saya membahas cara menulis artikel di blog. Nah, pada sore ini saya ingin membahas mengenai cara daftar Feedburner di Google. Barangkali masih ada pendatang baru di blogger yang belum paham. Fungsi feedburner adalah menyediakan sebuah tautan berupa RSS Feed untuk berlangganan..

Berguna untuk pengujung blog yang ingin mendapatkan pemberitahuan update dari blog yang disukainya, supaya dapat berlangganan membaca setiap posting baru yang dikirim melalui email. Ini akan membantu meningkatkan page view setiap halaman artikel dan tentunya akan berpengaruh untuk meningkatkan traffic blog. RSS Fedd dari Feedburner Google ini merupakan sebuah layanan gratis yang disediakan Google Feedburner untuk membantu mempublikasikan artikel dari sebuah blog.

Apabila anda berlangganan RSS Feedburner dari sebuah Blog, maka secara otomatis jika admin blog membuat artikel baru, dan mempublish artikel tersebut, anda akan mendapat pemberitahuan update artikel baru itu melalui email dari feedburner yang dikirimkan ke email anda.

cara daftra feedburner di google

Seperti itulah kira-kira apa fungsi Feed atau RSS Feedburner. Tentu saja itu ada manfaatnya jika Anda memasang atau membuat RSS Feed di Blog yang Anda miliki. Sebab tidak menutup kemungkinan ada pengunjung yang ingin berlangganan untuk mendapatkan update artikel terbaru dari blog Anda.

Berikut dibawah ini saya akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara daftar feed di feedburner.google.com
  • Pertama silahkan Login ke Akun Google Anda,
  • Pada Browser masukan alamat  http://feedburner.google.com/fb/a/myfeeds
  • Pada halaman Feedburner Google ini silahkan pada kotak isikan URL blog Anda seprti gambar dibawah ini:
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Isikan alamat URL pada kotak lalu klik Next
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Pada halaman Identify Feed Source silahkan pilih feed default atau rss seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Setelah itu adan akan muncul lagi halaman berikutnya "Welcome! Let us burn a feed for you" silahkan anda klik Next
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Selanjutnya akan ditampilkan halaman yang menyatakan bahwa pembuatan feed berhasil, kemudian klik Next
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Kemudian pada halaman "Feed Traffic Statistics" untuk membiarkan settingan feed secara default silahkan anda klik Next
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Sampai pada tahap ini pembuatan Feed di Feedburner Google sudah selesai, anda berhasil membuatnya, lihat gambar dibawah.
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Langkah selanjutnya adalah mendapatkan kode script feed untuk dipasang pada blog, jika anda ingin memasang feed tersebut. Misalnya Anda ingin memasang feed untuk gadget sidebar. Pilih salah satu services yang disediakan. Pada contoh ini saya memasang Feed berupa Headline Animator. Maka pada halaman Public Feed saya klik Publicize lalu klik Headline Animator
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Pada Halaman setting feed headline animator anda bisa melakukan setting seperti lebar dan tinggi feed tersebut, juga bisa mengatur warna yang diinginkan, seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Jika sudah selanjutnya klik Activate, nanti akan ada halaman preview. Anda juga bisa menerapkan feed tersebut langsung ke Blogspot, yang ada pada pilihan "Choose One"
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Jika anda ingin menerapkan feed langsung di Blogspot, pada "choose one" pilih Blogger Blog lalu klik Next nanti akan tampil halaman add headline animator silahkan klik Add to Blogger.
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Secara otomatis jika anda klik add to blogger maka akan masuk ke halaman tata letak di blog anda, seperti pada gambar dibawah.
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Silahkan masukan Judul untuk gadget feedburner anda bisa juga mengosongkannya, lalu klik Menambah Widget. Jika Anda ingin melihat dan menyalin script feedburner tersebut klik Edit Konten.
Cara Daftar Feedburner di Google
  • Pada kotak Edit Konten silahkan salin kode script feedburner tersebut, lalu masuk ke dashborad blogger pilih tambahkan Gadget dan pilih HTML, kemudian Paste kode tadi lalu simpan. Cara tersebut dilakukan apabila Anda ingin membuat atau menerapkan widget feed secara manual.
Itulah cara mendaftar feedburner di fedburner Google, dan penjelasa bagaimana cara menempatkan widget feedburner tersebut pada blog. Anda bisa melihat contoh Feedburner di blog ini pada gadget sidebar. Demikianlah posting saya kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara Daftar Feedburner di Google"

  1. gan url saya ko gk kebaca di feedburnernya. tolong bantuannya gan. trimakasih.

    ReplyDelete
  2. Gan saat saya klik edit konten, kok nggak ada scripst nya?

    ReplyDelete
  3. wah saya baru tahu kegunaan feedburner untuk SEO juga. thanks gan

    ReplyDelete
  4. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT Astra Internasional Tbk

    ReplyDelete
  5. mantap.. mampir sini gan https://desainer-kampret.blogspot.com/

    ReplyDelete