Tahukah Anda Apa Alasan Saya Menutup Komentar Di Blog Ini?

10 comments
Sebetulnya alasan kenapa saya menutup komentar yang mengandung link di blog ini, bukan karena pelit, justru sebab saya kasihan kepada sahabat yang hanya meninggalkan komentar spam. Ini mungkin SEO tips yang masih belum dipahami dengan benar oleh sebagian kawan-kawan blogger hingga saat ini. Sejak diluncurkannya beberapa alogaritma terbaru Google mulai pertengahan tahun 2013 lalu hingga saat ini banyak blog spam yang semula berada di halaman pertama search engine akhirnya berterbangan ke halaman antah berantah, bahkan malah hilang dari mesin pencari.

Bahkan salah satu blog rekan kita yang baik (cara-ririn.blogspot.com) miliknya Wahyu Eka Prasetiyarini hingga saat ini diblokir pihak google dan masih belum pulih. Setelah mendengar informasi menurut keterangan mbak Ririn sendiri penghapusan blogspotnya tersebut berawal dari banyaknya komentar yang dianggap spam.

Jadi sebaiknya jangan sia-siakan usaha blogwalking Anda hanya dengan meninggalkan komentar spam. Semalas-malasnya menulis, paling tidak tinggalkan komentar berupa sebaris kalimat yang isinya berhubungan dengan konten yang diberi komentar. Mungkin tadinya sahabat bermaksud ingin mendapatkan backlink dengan cara meninggalkan link pada komentar yang dibuat, namun jika komentar nantinya dianggap spam baik oleh Admin blog, atau oleh google justru yang didapat bukannya backlink tapi malah sanksi google penalty.
komentar-spam
Masih mending blog terlempar ke halaman antah berantah di search engine, yang fatal lagi bagaimana jika blog Anda malah dihapus? Rugi bukan. Hanya menulis sebaris kata yang ada hubungannya dengan artikel yang dikomentari saya rasa tidak akan menghabiskan waktu, justru selain mempunyai dua keuntungan. Pertama komentar pastinya akan dipublish oleh Admin blog yang bersangkutan. Keuntungan kedua komentar tersebut dapat menjadi backlink untuk blog Anda sendiri.

Tahukah Anda dengan meninggalkan link dan komentar yang relevan meskipun di blog yang nofollow untuk SEO saat ini, itu tetap bisa menjadi backlink, jadi tidak harus lagi hanya berkomentar dan meninggalkan link di blog yang dofollow saja. Saya sudah buktikan hal tersebut dengan berkomentar dibeberapa blog nofollow, ternyata seminggu kemudian setelah dicek, link di blog nofollow tersebut juga bertambah menjadi backlink.

Jadi berkomentarlah dengan baik menggunakan beberapa baris kalimat yang isinya sesuai dengan posting yang dikomentari. Jangan cuma nyepam aja seperti hanya menulis komentar dengan dua kata "Trimakasih Infonya" itu termasuk spammer Comment. Kerugiannya yaitu selain tidak menguntungkan bagi Anda karena tidak menjadi backlink, kemungkinan besar komentar seperti itu tidak akan dipublish oleh Admin blog yang diberi komentar. Celakanya lagi jika nanti blog Anda malah ditandai sebagai spammer. Kalau sudah begitu SEO tips apapun yang dilakukan, saya rasa tidak akan banyak membantu menyelamatkan blog Anda dari sanksi search engine. Tips kali ini saya rasa itu yang penting yang ingin saya bagikan buat sahabat blogger yang baik mengenai komentar spam yang bisa berakhir dengan sanksi banned, semoga bisa membantu.

10 komentar

mantap gan tutorialnya semoga bermanfaat untuk semua, visit back ya,, jamalcyber.com

newbie nanya om, kalo komentar yang relevan / berkomentar sesuai postingan tapi menyertakan link itu termasuk SEO friendly atau spammy?

berbagi informasi dan memberikan manfaat pada semua orang adalah kebaikan yang sangat berharga ;)
thks gan untuk tipsnya !

http://myapotekacemaxs.com/obat-herbal-lipoma-kulit-manggis/

Owh jadi itu alasan komentar lebih baik ditutup , jika tidak dijelaskan seperti ini mana mungkin saya bisa tau tentang spamer, bisa minta sarannya untuk seo palsebelas.blogspot.com saya jika berkenan, sebelumnya terimakasih ya

setuju gan, kalau buat saya berkomentar bukan untuk seo atau bw, yang terpenting silaturahmi antar bloger, dengan kita banyak silaturahmi tanpa di pinta pasti mereka akan mengunjungi balik blog,, bener gak gan

dengan adanya komentar dari pembaca,menjadi masukan buat penulis...www.hanaplustravel.com

iya gan terkadang saya sendiri suka risih sebagai seorang pencari link tp komen2 sebelum nya malah ga bermutu semua.terimakasih atas tips nya

bener banget gan. tapi cara bikin comment approve gimana ya sekalian numpang nanya mksh