Pengaruh Memasang Alexa Pagerank di Blogspot

No Comments

Pengaruh memasang Alexa pagerank di blogspot tidak terlalu signifikan. Seperti yang selama ini kita ketahui bahwa alexa adalah salah satu website yang memberikan peringkat atau ranking terhadap sebuah website atau blog. Namun ranking yang diberikan untuk blog yang dimaksud tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap mesin pencari seperti search engine google.

Kenapa begitu? Karena index google tidak berdasarkan kepada peringkat suatu blog di alexa. Sebab bagaimana jika ada website yang berkualitas, misalnya blog tersebut rajin update serta memiliki trafik pengunjung yang tinggi, sedangkan di blog tersebut tidak dipasang widget alexa? Atau para pengunjung website yang dimaksud tidak memasang alexa toolbar di browser mereka?
pengaruh-pagerank-alexa
Oleh karena itu Alexa pagerank hanya berlaku untuk standar di website alexa saja, tidak lantas akan menjadi tolak ukur bagi mesin pencari seperti google untuk menilai seberapa berkualitas suatu blog. Misalnya kenapa blog dengan topik SEO rata-rata pagerank alexa-nya selalu lebih ramping? Itu sebabnya karena rata-rata pengunjung blog SEO adalah para blogger yang biasanya memasang Alexa Toolbar di browser mereka.

Jadi untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti google, bing, yahoo dll tidak perlu mengejar seberapa ramping pagerank blog anda di alexa. Tetapi tetaplah dengan komitmen untuk selalu memberikan konten terbaik bagi para pengunjung blog anda secara konsisten.

Google dengan alogaritma mesin pencarinya yang secara periodik selalu diperbaharui untuk meningkatkan kualitas pencarian bagi para penggunanya, selalu lebih menyukai konten-konten unik yang segar dan berkualitas yang dibutuhkan oleh para pencari informasi di internet. Konten yang berkualitas menurut definisi saya bukan konten yang selalu sedang trend saja, atau harus terlihat sangat profesional. Namun lebih kepada kualitas keaslian konten tersebut, dan seberapa bermanpaat konten itu bagi para visitor blog anda.

Misalnya, jika konten anda berupa tulisan pada sebuah artikel dan itu murni hasil ide sendiri, kemudian topik yang dibahas di dalam artikel itu banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung internet, maka konten tersebut itulah yang termasuk konten berkualitas yang akan disukai oleh search engine seperti google.