Artikel Terbaru

Niche Blog Berpeluang Lebih Menguntungkan

Niche Blog Berpeluang Lebih Menguntungkan. Banyak alasan yang memotivasi orang ingin membuat atau membangun blog. Baik untuk sekedar dijadikan ruang personal, ataupun sebagai tempat untuk sharing pengalaman pribadi. Motivasinya memang sangat beragam. Apapun motivasinya tentu tidak salah. Tetapi disini saya ingin membahas bahwa dalam faktanya banyak bukti bahwa blog dengan kata kunci tertentu atau lebih khusus yang lebih dikenal sebagai niche blog ternyata lebih memiliki kesempatan serta peluang untuk populer dibanding dengan blog personal.

Salah satu faktanya seperti pada daftar blog yang ngetop 10 besar di Blogs Technorati contohnya, membuktikan bahwa yang menjadi mayoritas blog terpopuler secara global yaitu blog dengan niche atau kata kunci tertentu.

Blog niche jika boleh saya terjemahkan dalam bahasa mudahnya kurang lebih adalah aktivitas membangun blog yang membidik kata kunci khusus. Blog yang dibuat dengan topik tertentu yang lebih spesifik dimana segmen pembaca yang dituju juga tentunya lebih spesifik. Tentu saja ada alasan bahwa niche blog lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan blog personal. Apa saja diantaranya keuntungan dari membangun niche blog? Simak beberapa alasannya berikut ini.

Membangun niche blog mempunyai peluang yang lebih menguntungkan


Apa Yang Menjadi Alasan bahwa Niche Blog Berpeluang Lebih Menguntungkan


  • Dapat Memikat dan Disukai Oleh Pembaca Setia. Niche blog cenderung memiliki berpotensi yang lebih untuk menghadirkan banyak pembaca setia. Dengan alasan kebanyakan pengunjung blog niche tahu betul bahwa ia akan mendapatkan informasi yang dicari di blog tersebut. Dengan begitu lebih mudah mendatangkan pengunjung setia sebagai pembaca blog Anda. Dengan semakin besar kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan oleh para pengunjung, tentu peluang untuk monetisasi blog juga lebih besar.
  • Memiliki Peluang Untuk Membangun Komunitas. Biasanya kebanyakan orang lebih suka berkumpul dengan mereka yang memiliki tujuan atau minat yang sama. Boleh dikatakan para pengunjung sebuah niche blog tidak sekedar datang untuk membaca artikel saja, tetapi mereka sering berkeinginan untuk melakukan interaksi dengan pembaca yang lain. Hal itulah yang menjadi peluang bahwa blog niche bisa dijadikan sarana untuk membangun komunitas dimana hal itu akan sangat berharga untuk meningkatkan kredibitas blog yang anda bangun itu.
  • Profesional dan Lebih Spesialis. Mengelola sebuah niche blog dapat memberi lebih banyak waktu untuk fokus pada sebuah topik sehingga menjadikan anda lebih profesional dan ahli di bidang yang Anda tulis dan kembangkan. Dari waktu ke waktu, dengan mengelola blog niche Anda akan lebih menguasai topik tersebut untuk mampu meningkatkan kuantitas, kualitas niche blog tesebut.
  • Menciptakan Brand Serta Kredibilitas. Membangun dan mengelola blog dengan niche tertentu yang lebih khusus dengan konsisten dapat menumbuhkan kepercayaan orang kepada anda. Sehingga nantinya Anda dipandang sebagai orang yang mampu menjadi sumber informasi yang mempunyai kredibilitas yang terpercaya di bidang khusus yang Anda pilih.
  • Berpeluang Sebagai Daya Tarik Untuk Iklan Kontekstual. Banyak program untuk iklan kontekstual seperti Google Adsense contohnya. Dapat memberikan kesempatan baik untuk blog dengan niche tertentu. Iklan kontekstual merupakan jenis iklan yang selalu menyesuaikan diri dengan konten blog. Jadi tentunya akan semakin spesifik juga semakin relevan iklan yang ditampilkan, dan itu memberikan peluang besar iklan yang tampil di-klik para pengunjung blog.
  • Lebih Menarik Untuk Direct Ads (Iklan Mandiri). Kelebihan lain, niche blog lebih berpeluang dapat menarik minat para advertiser untuk memasang iklan yang sesuai dengan niche blog Anda. Sebab para pemasang iklan cenderung lebih banyak memilih untuk mempromosikan produk ataupun jasanya melalui niche blog tertentu yang lebih khusus yang sama dengan produk yang ingin mereka pasarkan.
  • Lebih Niche dan SEO Friendly. Kita semua tahu kalau Search Engine Google atau mesin pencari lain memang lebih menyukai blog yang bertopik khusus dengan niche tertentu yang memiliki konten relevan yang lebih spesifik dan berkualitas. Karena itu dengan membangun blog niche, merupakan salah satu teknik optimasi blog dan sebagai tips seo untuk meningkatkan peringkat blog di search engine.
  • Lebih mudah Mengembangkan dan Menciptakan Artikel Berkualitas. Dengan memilih topik niche tertentu, waktu untuk lebih menfokuskan diri serta mengeksplorasi ide-ide cemerlang untuk menghasilkan artikel yang lebih berkualitaspun tentunya lebih banyak. 


Demikianlah beberapa penjelasan yang sekiranya bisa dijadikan sebagai bahan untuk menciptakan gagasan kreatif blog dengan niche apa yang akan anda bangun. Tentunya lebih baik jika topik tertentu yang dipilih adalah materi yang anda kuasai. Biar enak nulisnya juga. Semoga membantu dan bermanpaat.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Niche Blog Berpeluang Lebih Menguntungkan "

  1. Menarik sekali bahasan tentang niche blog yang memang sangat memiliki peluang untuk di monetisasi.

    ReplyDelete
  2. emang lebih banyak peluang,saya juga setuju..

    ReplyDelete