Artikel Terbaru

Apa Itu Seo?

Apa itu seo? Ternyata dalam pertemuan minggu ini dengan sejumlah mahasiswa di sebuah universitas di Tasikmalaya yang memang membahas tentang " Make Money From Blogging" yaitu bagaimana cara menghasilkan uang dari membuat blog. Masih banyak teman mahasiswa yang belum mengetahui benar apa itu blogger, dan apa itu tips seo. Wajar saja bagi mereka yang memang belum pernah terjun ke dunia blogging tidak mengenal dua kalimat tersebut.

Apa Itu Seo


Menurut saya tentu masih banyak juga netter lain, yang memang belum paham betul dunia blog. Karena kebanyakan anak-anak muda lainnya yang menggunakan internet mereka hanya blogwalking, mencari artikel yang ada hubungannya dengan tugas, atau hanya rutin asyik beraktifitas di berbagai sosial media. Jadi tidak aneh kalau mereka tidak tau, apa itu seo?

Meskipun banyak sekali blog yang mengupas tuntas tentang penjelasan mengenai search engine optimization ini, tetapi tidak lengkap juga rasanya jika di blog seo ini saya tidak membuat artikel yang menjelaskan apa itu seo. Untuk anda yang bertanya tentang kata "SEO" saya akan coba menjelaskannya dengan bahasa dan menurut pengalaman saya sendiri, yang juga merupakan referensi dari pengalaman saya selama belajar dan baca-baca artikel seo di blog rekan blogger lainnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan SEO?


SEO singkatan dari "Search Engine Optimization". Saya akan jabarkan dengan bahasa saya saja, biar lebih enak aja nulisnya. "Search Engine" yang dimaksud disini yaitu "Mesin Pencari" atau "Mesin Telusur" seperti mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan "Optimization" yaitu mengoptimalkan. Lalu kenapa mesti mengenal seo, mungkin sebenarnya bukan suatu keharusan, apalagi bagi anda yang memang buka seorang blogger.

Namun jika anda adalah seorang pemula yang ingin beraktifitas menjadi penulis blog atau mau belajar membuat blog, sebaiknya anda harus mengetahui apa itu seo. Hubungan SEO dengan blog tentu sangat erat. Karena blog yang anda buat, akan dapat ditemukan oleh para pembaca di internet dengan melalui mesin pencari. Oleh karena hal tersebut, tentu saja anda harus melakukan "Search Engine Optimization". Artinya anda sebagai pemilik blog harus melakukan optimasi dengan cara mengoptimalkan visibilitas blog di mesin pencari. Tujuannya agar blog anda bisa berada di halaman pertama pada hasil pencarian di mesin telusur seperti Google, atau agar mesin telusur dapat mengantarkan para pengunjung yang mengetikan kata kunci yang sesuai dengan konten di dalam blog anda.

Alasan lainnya yaitu agar blog yang anda buat lebih mudah ditemukan orang melalui mesin pencari. Jika blog anda mampu berada di halaman pertama di mesin pencari tentu saja trafik pengunjung ke blog anda juga bisa lebih banyak setiap harinya. Itulah beberapa alasan utama kenapa seorang pemilik blog harus mengetahui tentang bagaimana cara optimasi seo untuk blog atau yang lebih dikenal dengan SEO.

Banyak sekali tips dan trik seo yang bisa anda pelajari dari berbagai blog atau website yang ditulis oleh para master senior seo. Silahkan anda menjelajah di mesin telusur dengan kata kunci " tips seo". Banyak tulisan dari para mastah yang bisa dipelajari sebagai panduan bagaimana cara mengoptimalkan blog anda di  mesin telusur. Atau jika anda berkenan silahkan membaca berbagai artikel dasar seo yang juga banyak saya tulis di blog ini.

Search Engine Optimization

SEO adalah sebuah cara, bagaimana agar anda dapat meningkatkan visibilitas blog yang anda buat di hasil pencarian mesin telusur, guna meningkatkan trafik dan juga ranking blog anda di mesin pencari tersebut. Diantaranya seperti cara optimasi On page dan Off page, bagaimana cara menulis artikel di blog yang berkualitas, atau silahkan anda baca artikel lengkap bagaimana cara meraih sukses dari blogging. Demikian penjelasan dasar tentang pertanyaan "apa itu seo", yang bisa saya jabarkan kepada anda para sahabat pembaca yang budiman, yang mungkin kebetulan ada yang belum tau dan belum paham mengenai apa itu seo.

Subscribe to receive free email updates: