Artikel Terbaru

Manfaat Menggunakan Google Analytic

Manfaat menggunakan Google Analytic. Sebelum membahas bagaimana memasang kode Google Analytic, terlebih dahulu saya ingin menjelaskan secara singkat apa fungsi dari Google Analityc ini. Manfaat atau fungsi dari tool google analytic ini adalah untuk memberikan laporan detail tentang pengunjung blog. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa mengetahui jumlah pengunjung perhari, perminggu atau perbulan.

Selain itu Anda juga dapat mengetahui Artikel atau Halaman yang paling sering dikunjungi beserta banyaknya jumlah pengunjung halaman dan artikel tersebut. Dengan menggunakan Google Analytic ini juga Anda bisa mengetahui jenis browser dan negara asal pengunjung blog. Termasuk mengetahui keyword apa saja yang menjadi sumber traffic. Hal ini juga merupakan salah satu blogging tips, dalam cara mengetahui traffic pengunjung blog. Itulah penjelasan singkat mengenai apa fungsi memasang kode Google Analytic di Blog.

Google Analytic

Nah dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang Google Analityc di Blogspot. Berikut adalah caranya:
  • Silahkan Login ke akun Blogger Anda
  • Kemudian Masuk ke halaman Google Webmastertool
  • Lihat gambar penjelas dibawah:

Cara memasang google analytic

  • Pada halaman Alat Webmastertool Klik Kelola Situs lalu Klik Property Google Analytic
  • Setelah masuk halaman Property silahkan Klik Buat Akun Google Analytic nanti akan ada Menu Popup silahkan Klik Ok

Cara memasang google analytic

  • Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman Google Analytic, pada halaman ini Klik Pendaftaran

Cara memasang google analytic
  • Lalu Anda kembali diarahkan ke halaman Pendaftaran, dan silahkan isi dengan data lengkap dari mulai Nama Situs, Alamat situs dan Nama Akun seperti gambar penjelas dibawah ini.

Cara memasang google analytic
  • Jika sudah mengisi semua data dengan lengkap, lalu Klik Dapatkan ID Pelacakan, jika muncul Menu Popup Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytic silahkan Klik Saya Setuju

Cara memasang google analytic

  • Maka anda kembali akan diarahkan ke halaman tempat dimana anda bisa mengambil dan mendapatkan kode Google Analytic. Bisa dilihat seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Cara memasang google analytic

  • Nah untuk menempatkan kode analytic di blog anda, silahkan copy kode tersebut
  • Silahkan Login Ke Dashboard blogger Anda
  • Klik Template
  • Klik Format Template
  • Tekan CTRL + F 
  • Cari kode <body> lalu paste kode analytic tadi tepat dibawah kode <body>

Itulah posting saya kali ini mengenai apa manfaat Google Analytic dan bagaimana cara memasang kode Google Analityc di Blog. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu.

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Manfaat Menggunakan Google Analytic"

  1. bermanfaat sekali, komentar & follow baliknya ditunggu ya :)

    ReplyDelete
  2. terimakasih mbak artikelnya, tapi saya rasa informasi tentang manfaatnya GA masih kurang detail ni.

    ReplyDelete
  3. Makasih atas tips dan triknya, sangat berguna untuknewbie :d

    ReplyDelete
  4. Terimakasih mbak, Tutorialnya mudah untuk di praktekkan. baru saja mraktekin dan sukses seperti yang tertera pada artikel diatas.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mbak,komentar & follow baliknya ditunggu ya

    ReplyDelete
  6. makasih gan..
    mampir di blog saya ya..
    mlisunblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Nice info gan..
    ane baru tau fungsinya gugel menggelitik
    jangan lupa kunjungannya ke gubuk ane..

    ReplyDelete
  8. mantap gann...baru tau ternyata cukup penting fungsinya,,
    from: www.sobatcare.tk

    ReplyDelete
  9. Thanks info nya maw tanya apa bedanya ma histats

    ReplyDelete
  10. @Untuk semuanya aja trimakasih atas kunjungannya, semoga kalian semua sukses.

    ReplyDelete
  11. Saya sudah mendaftar akun tersebut tetapi ketika saya pasang di template blog kenapa ya tidak bisa menyimpan ketika saya klik simpan apakah ada yang salah ?

    ReplyDelete
  12. wah nice banget gan bisa untuk hal itu juga ternyata

    ReplyDelete
  13. Sepertinya harus banyak belajar dari ibu nunung... :)

    ReplyDelete
  14. kalau sdah begitu gimana gan?
    soalnya di webmaster tool milik saya agak beda dgn punya agan...

    ReplyDelete
  15. mantul lah ilmunya, langsung saya praktekkan di web saya (www.platcuttinginstan.com) terimakasih

    ReplyDelete